Select Page

Hallo Sobat Aswa, Setiap tahun, Hari Kanker Sedunia diperingati pada 4 Februari. Momen ini digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap penyakit kanker, pembunuh nomor dua di dunia.

Setiap tahunnya, untuk menghormati Hari Kanker Sedunia, banyak lembaga kesehatan dan pusat kanker menyediakan berbagai publikasi pendidikan dan materi tentang kanker dan pencegahan kanker di situs web mereka. hari peringatan ini digelar dengan ratusan kegiatan dan acara di seluruh dunia dengan melibatkan sejumlah pihak seperti komunitas, organisasi, pemerintah, rumah sakit dan lainnya.

Di beberapa tempat, Hari Kanker Sedunia diakui dengan melakukan parade atau acara penggalangan dana lokal, seperti jalan-jalan, gala, konser, atau lelang. Selain itu, beberapa negara menyiarkan siaran televisi khusus atau program radio tentang kanker selama seminggu di mana Hari Kanker Sedunia diperingati. Selain itu, hari peringatan tersebut juga bisa diikuti oleh siapapun sebagai bentuk saling memberi dukungan bagi sesama manusia, terutama untuk para penderita kanker.

Karena memperingati hari Kanker sedunia, berikut adalah fakta fakta yang bisa kamu ketahui mengenai kanker

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia, peringatan tahunan diadakan pada 4 Februari yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran global akan kanker. Hari Kanker Sedunia berasal pada tahun 2000 di KTT Dunia Pertama melawan Kanker yang diadakan di Paris.

Pada pertemuan ini, para pemimpin lembaga pemerintah dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Against Cancer, sebuah dokumen yang berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen global koperasi.

Artikel tersebut berisi hal terkait untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, untuk investasi berkelanjutan dalam dan kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker.

Fakta Fakta mengenai Kanker

Fakta Fakta mengenai Kanker

Ada 8,1 juta kasus baru yang didiagnosis pada 1990, 10 juta pada 2000, 12,4 juta pada 2008, dan 14,1 juta pada 2012. Jumlah kematian tahunan di seluruh dunia akibat kanker juga meningkat — dari 5,2 juta orang pada 1990 menjadi 8,2 juta orang pada 2012 Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika insiden kanker terus tumbuh pada tingkat yang dilaporkan, jumlah kematian di seluruh dunia akibat kanker akan meningkat menjadi lebih dari 13,1 juta pada tahun 2030.

Namun, menurut WHO, sebanyak 40 persen kematian akibat kanker dapat dicegah. Sebagai hasilnya, meningkatkan kesadaran akan pencegahan kanker telah menjadi tujuan utama banyak organisasi kanker dan kesehatan di seluruh dunia, dan Hari Kanker Dunia telah datang untuk mewakili penegasan kembali tahunan akan pentingnya tujuan ini.

Karena lebih dari 70 persen kematian akibat kanker terjadi di negara-negara yang secara ekonomi kurang berkembang, Hari Kanker Dunia dan Kampanye Kanker Dunia telah menjadi mekanisme penting untuk menarik perhatian pada pencegahan dan perawatan kanker.

Tanda dan Gejala Kanker

Tanda dan Gejala Kanker

Terdapat tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas. Pertama, berat badan yang turun secara drastis.

Ciri kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.

Hari Kanker Sedunia juga meminta agar masyarakat lebih waspada terhadap gejala kanker, seperti adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.

Keempat, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu. Serta, ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

Dalam memperingati hari kanker ini, Semoga informasi mengenai fakta,deteksi dini, hingga pencegahan dalam artikel ini dapat mengurangi dan memberi kesadaran untuk memerangi kanker. Selamat Hari Kanker Sedunia!