Select Page

Setiap tahunnya di belahan bumi selalu memperingati Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day. Dalam memperingati hari kanker sedunia banyak fakta menarik tentang mengonsumsi minuman kopi yang selalu dikaitkan dengan salah satu faktor penyebab kanker, namun menurut penelitian World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa meminum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko kanker hati dan rahim. Berdasarkan hasil evaluasi terbaru pada lebih dari 500 studi tentang hubungan antara kanker dan berbagai jenis minuman panas seperti teh, kopi, dan minuman herbal.

Di Indonesia pun memiliki konsumsi kopi tahunnya meningkat, menurut data yang di lansir hal tersebut meningkat dikarenakan beberapa faktor. Faktor kebiasaan (budaya) nongkrong sambil ngopi, lalu meningkatnya daya beli konsumen, tumbuhnya kelas menengah, dan harga kopi siap minum di kedai modern yang lebih terjangkau. Dominasi populasi anak muda Indonesia yang menciptakan gaya hidup baru dalam mengonsumsi kopi. Meskipun kopi mempunyai tingkat rasa bermacam-macam, mulai dari pahit, asam hingga manis, namun banyak masyarakat masih mengkhawatirkan memberikan dampak penyakit dari minum secangkir kopi. Apakah dengan mengonsumsi kopi bisa mencegah berbagai macam penyakit? Berikut kami informasikan simak ya:

 

    1. Diabetes (Tipe 2).

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat sedunia. Menurut data dari Diabetes Research, diperkirakan setidaknya 23,1 juta orang di dunia menderita penyakit tersebut. Ternyata salah satu obatnya ada dekat dengan kita, yakni kopi. Ini karena kopi bisa menurunkan sensitivitas insulin, hormon yang mengatur metabolisme gula darah. Studi pada tahun 2009 menemukan bahwa risiko terkena diabetes pada seseorang bisa menurun hingga tujuh persen dalam setiap kopi yang diminumnya.  Sementara, studi lain melaporkan bahwa risiko tersebut dapat turun hingga 50 persen untuk orang yang mengonsumsinya setiap hari. Namun perlu diingat bahwa meminumnya dengan gula dan pemanis tambahan lainnya sama saja dengan menghilangkan khasiat tersebut.

  1. Alzheimer.
    Biasanya penyakit Alzheimer ini menyerang mereka yang berusia di atas 65 tahun, dan bisa mengarah pada penurunan daya ingat, perubahan kepribadian dan hingga fungsi kognitif atau kemampuan berpikir.Hingga saat ini, obat untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer memang belum diketahui. Para peneliti menemukan senyawa phenylindanes pada kopi. Senyawa ini bisa mencegah terjadinya penumpukan senyawa amiloid pada otak. Penumpukan senyawa tersebut merupakan penyebab penyakit Alzheimer.
  2. Asam UratMenurut penelitian Nurses’ Health Study, perempuan yang mengonsumsi kopi setiap hari akan mengalami penurunan asam urat dari 23 hingga 57 persen. Sedangkan pada laki-laki, kadar asam urat menurun sebanyak 40 hingga 60 persen. Berkat kandungan antioksidan kopi yang sangat kuat. Zat tersebut mampu mengurangi kadar insulin yang akhirnya berdampak pada penurunan asam urat dalam tubuh kita.
  3. KankerMinum kopi mampu memberikan perlindungan terhadap dua jenis kanker, yaitu kanker hati, dan kanker kolorektal. Kanker kolorektal terjadi pada saluran cerna, dan ditandai dengan tumbuhnya sel kanker pada usus besar. Senyawa aktif yang ditemukan pada kopi, termasuk kafein, flavonoid, lignan dan polifenol, mampu menghambat kerusakan sel, mendukung perbaikan DNA, serta berfungsi sebagai anti-peradangan dan antimetastasis, atau mencegah kanker menyebar dari titik awal ke bagian tubuh yang lain.
  4. DepresiDepresi merupakan salah satu bentuk dari penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kualitas hidup. Mengonsumsi kopi bisa mengurangi risiko Anda terhadap depresi. Sebuah penelitian melibatkan para responden perempuan yang mengonsumsi setidaknya 4 cangkir kopi. Hasilnya, risiko mereka terhadap depresi, lebih rendah 20% dibanding yang tidak mengonsumsi kopi seperti mereka. Penelitian lain pun membuktikan, penderita depresi yang mengonsumsi minimal 4 cangkir kopi per hari, berisiko lebih rendah terhadap tindakan bunuh diri. Kopi terbukti membantu menurunkan potensi depresi dan mengurangi risiko bunuh diri secara signifikan.

Kopi memang sangat baik untuk kesehatan. Namun konsumsi yang terlalu banyak pun tidak disarankan. Sebab, minuman tersebut dapat membuat kita kecanduan, meningkatkan kolesterol jika tidak diolah dengan baik, serta mengganggu pola tidur. Maka dari itu, kita harus mengonsumsinya sesuai dengan jumlah yang disarankan. Penting pula diketahui bahwa sebaiknya tidak terlalu banyak menambahkan gula atau perasa manis lainnya untuk mencegah peningkatan gula darah.

Dalam memperingati Hari Kanker Sedunia, Aswa Coffee mengajak semua masyarakat untuk berpartisipasi dengan minum kopi. Bagi kalian yang tidak mengonsumsi kopi, Aswa Coffee juga menyediakan minuman-minuman yang mungkin salah satunya minuman favorit kalian. Selamat minum kopi, ya!