Sudah satu tahun terhitung semenjak wabah virus corona terjadi di Indonesia, yang memberikan dampak banyak orang sehingga terpaksa harus tinggal dan bekerja di rumah. Hal ini tentunya untuk menghindari dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan lebih banyak waktu di rumah, beberapa orang mencoba berbagai hal baru dengan membuat makanan atau minuman sendiri untuk beraktivitas di rumah. Salah satunya yang sedang tren saat ini di media sosial adalah Kopi Dalgona.

Selama karantina, media sosial kini menjadi alternatif tempat setiap orang dalam mencari inspirasi kegiatan selama work from home. Munculnya tren kopi dalgona, diawali dari media sosial yang diunggah oleh salah satu orang yang berasal dari Korea Selatan melalui tik-tok. Menurut Google Trends, kopi ini menjadi salah satu jenis resep kopi yang paling populer pada tahun 2020 melebihi jeni kopi lainnya. Kopi ini viral karena menarik perhatian bagi penikmatnya, meskipun terdiri dari bahan-bahan yang cukup sederhana. Pada komposisinya, kopi ini terdapat tumpukan foam cokelat yang membuatnya tidak terlalu sulit hanya saja membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari pembuatan kopi latte yang kita ketahui.

Bagi kalian yang ingin menikmati kopi dalgona, berikut resepnya:

Bahan:

  • 2 sendok makan kopi instan tanpa ampas
  • 2 sendok makan air panas
  • satu cangkir susu
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara membuat:

  • Campur kopi instan, gula pasir dan air panas. Aduk terus hingga mengembang jadi krim lembut.
  • Aduk selama dua menit lagi dengan cepat.
  • Tuang kopi di atas susu.

Langkah pertama, siapkan mangkuk kemudian tuang kopi, gula, dan air panas ke dalamnya. Kemudian aduk semua bahan tersebut dengan cepat menggunakan sendok. Banyak yang merekomendasikan harus dilakukan sebanyak kurang lebih 400 kali atau sekitar 3-5 menit. Lumayan, sekalian bisa olahraga.

 

Aduk terus semua bahan di mangkuk hingga berubah warna menjadi coklat muda dan teksturnya kental. Sampai tahap ini, sebenarnya kopi sudah jadi dan siap dihidangkan. Jadi, siapkan gelas lalu isi dengan susu cair dan es batu. Kemudian tuang adonan Dalgona tersebut di atas susu, sehingga penampilannya akan sama seperti di foto.
Selamat mencoba ya kawan! Kalo kalian ingin berksperimen dengan cara yang berbeda, boleh sharing ke kita ya…

 

 

Order Now
Hello, what Coffee would you like to Order ?