Select Page

Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, merupakan perayaan yang dilakukan untuk mengingatkan kembali masyarakat agar lebih sadar terhadap penyakit mematikan ini.

Perayaan Hari Kanker Sedunia sendiri diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC).

Tahun ini, Hari Kanker Sedunia akan kembali diperingati pada 4 Februari mendatang dengan mengusung tema “I Am and I Will“, yang diartikan sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan.

Jadi apa Fakta Hari Kanker Sedunia ?

Berikut beberapa fakta mengenai Hari Kanker Sedunia :

1. Tujuan Perayaan

Hari Kanker Sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia mengenai bahaya kanker. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa kanker merupakan masalah kesehatan yang kritis.

Walaupun begitu setidaknya dengan adanya Perayaan Hari Kanker Sedunia sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah.

Dengan adanya perayaan ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

2. Dibentuk Tahun 2000

Perayaan Hari Kanker Sedunia dibentuk pada tahun 2000 dalam acara World Summit Against Cancer di Paris, Prancis. Tak jauh berbeda dengan Hari Kanker Sedunia, perayaan World Summit Against membahas tentang penelitian, pencegahan, peningkatan layanan serta kesadaran soal penyakit kanker.

3. Tema

Hari Kanker Sedunia 2020 memiliki tema ‘I Am and I Will’. Tema tersebut memiliki arti ajakan untuk segera bertindak mewakili kekuatan individu untuk memengaruhi masa depan.

Tema Hari Kanker Sedunia ‘I Am and I Will’ telah diusung sejak tahun 2019 dan rencananya hingga tahun 2021.

Arti dari I Am and I Will adalah ajakan untuk bertindak dengan komitmen dan mewakili pilihan yang diambil secara tepat untuk mengubah masa depan yang terbebas dari penyakit kanker.

4. Tanda dan Gejala Kanker

Terdapat tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas.

Pertama, berat badan yang turun secara drastis.

Kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.

Hari Kanker Sedunia juga meminta agar masyarakat lebih waspada terhadap gejala kanker, seperti adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.

Keempat, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu. Serta, ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

5. Selamatkan 3,7 Juta Orang

Penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia / Hari Kanker Nasional ini disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan.

Jadi, apakah mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan kanker ?

Aswa Coffee

Menurut health detik, sebuah penelitian pada tahun 2017 menemukan minum kopi dalam takaran wajar umumnya aman. Secangkir kopi dalam sehari dikaitkan dengan sedikit pengurangan risiko kanker hati dan kanker endometerium.

“Manfaat lain dari minum kopi termasuk risiko kematian rendah bagi pengidap penyakit jantung. Serta menurunkan risiko penyakit hati dan parkinson,” demikian dikutip dari Medical News Today.

Minum 3-4 cangkir kopi per hari diklaim memberi manfaat yang paling besar. Kopi juga mengandung antioksidan yang dapat menghentikan atau memperlambat kerusakan sel.

Sebagai bagian dari diet sehat, kopi cenderung bermanfaat. Minum hingga 4 cangkir kopi sehari seharusnya tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan dan dapat mengurangi risiko penyakit tertentu.

Sebagai kesimpulan kita harus mengetahui bahwa segala yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, walaupun kita adalah seorang pencinta kopi tetapi konsumsi lah kesukaan kita tersebut dengan secukupnya.

Jadi kalau beli kopi literan di ASWA COFFEE minumnya bersama dengan keluarga dan teman-teman yaa.., jangan kebablasan minum sendiri. Ingat “segala sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidak baik”.

Cek menu Aswa Coffee : Menu Aswa Coffee

#seliterbersama