Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day diperingati setiap tanggal 4 Februari. Perayaan ini merupakan wujud perhatian kepada masyarakat agar lebih sadar terhadap penyakit mematikan ini.

Perayaan Hari Kanker Sedunia ini diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC). Berdasarkan data, setiap tahun ada 9,6 juta orang akan mati karena penyakit kanker.

Dalam Rangka memperingati hari Kanker Sedunia, Aswa Coffee menyelengarakan acara dengan Tema “We Can, I Can”. Rangkaian acara yang akan di selenggarakan oleh aswa coffee ini meliputi seminar kesehatan dan Donasi. Adapun acara akan di laksanakan tepat pada tanggal 4 Febuari 2021.

1. Tujuan Perayaan

Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia mengenai bahaya kanker. Diketahui, kanker merupakan masalah kesehatan yang kritis. Walaupun begitu, setidaknya sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah. Sehingga perayaan Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

2. Tema

Hari Kanker Sedunia 2021 memiliki tema “We Can, I Can”. Tema tersebut memiliki arti ajakan untuk segera bertindak mewakili kekuatan individu untuk memengaruhi masa depan

3. Mengenali Tanda dan Gejala Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya. Mengapa demikian? Karena pada stadium awal, kanker umumnya tidak bergejala sehingga sulit terdeteksi. Oleh karena itu, deteksi kanker sejak dini sangatlah penting agar penanganan dapat segera dilakukan dan peluang sembuh pun semakin tinggi.

Terdapat tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas. Pertama, berat badan yang turun secara drastis. Ciri kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan agar masyarakat lebih waspada terhadap gejala kanker, seperti adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi. Ketiga, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu. Serta, ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

4. Selamatkan 3,7 Juta Orang

Penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan.

5. Donasi

Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari, 250 peserta dari berbagai kalangan dan kota di Indonesia, bahkan dari luar negeri sudah mendaftarkan diri dalam mendonasikan rambut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memberikan dukungan terhadap penderita kanker melalui program donasi rambut bertajuk ‘Hair for Hope’.

Donasi Rambut Bersama Aswa Coffee

Donasi Rambut Bersama Aswa Coffee

“Seperti yang kita tahu, pasien kanker melalui proses pengobatan yang kerap kali membuat mereka kehilangan rambut. Dengan semangat dan tujuan untuk menumbuhkan solidaritas dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pasien kanker, kami mengadakan kegiatan Hair for Hope sebagai gerakan penggalangan donasi, di mana masyarakat dapat berkontribusi dengan memberikan sebagian rambut mereka untuk saudara-saudara kita yang menderita kanker,” kata Direktur Siloam Hospitals TB Simatupang Harijanto Solaeman dalam keterangannya, Minggu (3/2).

Nantinya donasi rambut yang terkumpul akan diserahkan kepada Yayasan Kanker Indonesia, untuk diproses menjadi wig (rambut palsu) untuk dapat digunakan oleh para penderita kanker yang kehilangan rambut karena pengobatan kanker.

Ayo Mari Bergabung Bersama Aswa Coffee dalam acara hari Kanker Sedunia. Untuk Pendaftaran silahkan cantumkan alamat email kamu di kolom comment dibawah ini atau klik icon email di bawah ini. Mari wujudkan Indonesia Sehat bersama Aswa Coffee

Order Now
Hello, what Coffee would you like to Order ?