Select Page

Mempunyai café sendiri mungkin merupakan impian sebagian orang. Ngopi merupakan sudah menjadi budaya dan tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, ngopi juga sudah berubah menjadi gaya hidup. Berbagai macam kopi beserta penyajiannya saat ini sudah bisa di eksplor sedemikian rupa agar para penikmatnya dapat menikmati sesuai dengan selera dan keinginan mereka.

Dengan semakin meningkatnya macam hidangan dan sajian kopi, maka kini juga makin banyak alat pembuat kopi yang dijual di e-commerce agar memudahkan pengguna yang ingin mengolah sajian kopi sesuai dengan selera mereka. Selain lebih hemat, alat kopi juga bisa dijadikan bentuk investasi. Siapa tahu Anda yang memiliki alat pembuat kopi tersebut nantinya akan membuka kedai kopi/ café sendiri. Berikut ini beberapa alat pembuat kopi dari yang mudah hingga yang butuh effort dalam penggunaannya. Simak yuk:

 

Coffee Grinder Manual.

 


Coffee Grinder manual ini cocok digunakan untuk bagi kamu yang ingin meresapi membuat kopi secara mendalam. Apalagi banyaknya varian desain yang eye-catching sehingga pada saat proses penggilingan kopi terasa lebih bersemangat, kamu juga dapat menentukan tekstur kasar atau halus dari hasil kopi yang sudah digiling tersebut, namun perlu juga diperhatikan coffee grinder manual jika digunakan akan memakan waktu karena kapasitas coffee grinder manual untuk kopi yang akan kamu sajikan pun tidak terlalu besar. Dengan Grinder manual Anda akan mendapatkan hasil gilingan yang konsisten untuk rasa akhir. Ketika menggunakan jenis grinder kopi lain, biji kopi halusnya tak merata. Itu berarti mesin tersebut tidak konsisten dan mengubah rasa kopi.  Ini adalah bagian penting dari proses pembuatan kopi karena biji kopi dengan ukuran yang sama akan mempengaruhi cepat larut atau tidaknya.

 

Vietnam Drip.

 

 

 

Alat kopi ini sering kita jumpai di kedai kopi karena alatnya cukup simple dan tidak ribet, penyeduhan kopi dengan teknik seduh Vietnam Drip memang dilakukan dengan cara meneteskan kopi secara perlahan kedalam cangkir dengan cara disaring. Alat pembuat kopi ini bisa digunakan untuk rumahan dengan menggunakan teknik seduh tersebut diawali dengan menaruh bubuk kopi diatas filter atau penyaring secukupnya. Kemudian tuang air panas kedalam tabung, maka kopi akan menetes perlahan mengisi cangkir berisi susu kental manis. Harus diingat bahwa langkah awal cara minum kopi Vietnam Drip yang benar adalah dengan menunggu kopi menetes hingga tetesan terakhir. Dengan begitu pecinta kopi dapat menikmati kopi yang tersaji secara utuh dan tidak ada tetes kopi yang terbuang. Tampilan dari jenis alat pembuat kopi ini terlihat sederhana dengan saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper dan juga penutup.

 

Moka Pot.

 

 

 

Moka pot bisa kita gunakan sendiri maupun kita lihat di keda kopi, proses penggunaannya juga cukup mudah namun harus berhati-hati dalam prosesnya. Alat pembuat kopi rumahan ini pada dasarnya dihasilkan dari didihan air seduhan yang dipanaskan sehingga air melalui bubuk kopi. Ekstraksi kopi terjadi ketika air melalui bubuk kopi pada wadah tengah dan hasil ekstraksi akan melalui lubang di wadah bagian atas. Tips menghentikan suhu yang masih panas pada alat moka pot dengan cara mengalirkan air suhu normal ke bagian luar wadah bawah moka pot. Sehingga suhu alat moka pot menjadi turun, dan sajian kopi di dalam moka pot berhenti untuk dipanaskan. Sehingga hasil akhir ekstraksi kopi tidak terpengaruh dengan kesan rasa gosong atau pun pahit karena suhu alat moka pot yang masih memanas.

 

French Press

 

 

Alat pembuat kopi rumahan ini kalau dilihat memang simple namun pada kenyataannya harus cukup berhati-hati dalam penggunaannya dikarenakan untuk membuat minuman kopi dengan French Press, disarankan untuk menggunakan kopi yang digiling kasar daripada kopi yang digiling halus. Hal ini karena ampas dari kopi yang digiling halus akan merembes melalui filter dari French Press tersebut dan hasil seduhan anda akan bercampur dengan ampas kopi tersebut. Selain itu, kopi yang digiling terlalu halus juga bisa membuat kopi seduhan anda terlalu pahit akibat over-extraction. Kopi yang dihasilkan dari French Press ini biasanya seperti kopi tubruk namun tidak ada ampas yang hebatnya tidak hanya bisa digunakan untuk menyeduh kopi namun juga bisa dipakai untuk menyeduh teh.

 

V60

 

 

Alat ini identik digunakan di beberapa kedai kopi yang biasa di gunakan oleh pengunjungnya. Selain di kedai kopi, alat ini juga dapat digunakan untuk di rumah. Bagi pecinta kopi khususnya yang suka minum kopi hitam, alat ini sangat cocok digunakan karena memang bentukannya memang mudah di aplikasikan. Meskipun demikan alat pembuat kopi ini membutuhkan proses yang sesuai agar dapat menghasilkan kopi dengan aroma dan rasa yang kuat. Jenis alat pembuat kopi ini memiliki ujung lubang yang bisa dipakai untuk mengontrol waktu ekstrasi, mengontrol suhu air dan juga potongan kopi atau grind size sehingga nantinya bisa menghasilkan rasa kopi yang lebih ringan, jernih dan memiliki ciri khas tersendiri.

 

Aero Press


Sekilas bentuk dari aero press mirip dengan French press, namun berbeda lho. Aero press merupakan alat pembuat kopi yang cukup praktis dan bisa di bawa kemana-mana. Alat pembuat kopi rumahan yang berbentuk tabung, metode penggunaannya mirip dengan espresso tetapi lebih sedikit lembut daripada espresso dengan menggunakan metode tekanan mesin. Berbeda dengan aero press yang menggunakan metode tekanan udara. Namun Aero press tidak memiliki kapasitas yang cukup besar dalam membuat kopi untuk dalam jumlah penikmat yang banyak. Alat ini terdiri dari tabung kopi, alat pengaduk, filter kertas, 1 sendok takaran kopi bubuk dan juga corong atau funnel untuk mengalirkan air panas yang hanya tersedia dengan bahan plastik saja.

 

Gimana #SobatAswa dari alat-alat diatas apakah diantara kalian sudah memilikinya atau belum? Ternyata kita gak perlu jauh-jauh ke kedai kopi/ café untuk membuat kopi dengan selera yang kita sukai lho. Kita cuman perlu cari dan membeli alat-alat kopi, dan membuat di rumah sendiri.